Kamis, 18 Mei 2017

Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat buah belimbing bagi kesehatan


Manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah yang beriklim tropis. Jika berwarna kekuningan menandakan buah belimbing sudah matang. Buah belimbing sering diolah menjadi berbagai macam resep masakan, karena buah belimbing dapat memberikan rasa yang menyegarkan. Selain itu, rasa buah belimbing juga dapat menggoyangkan lidah, manfaat buah belimbing bagi kesehatan sangatlah baik, tapi karena belimbing manis mangandung glokasa, sehingga tidak baik dikonsumsi secara sering dan jangalah hanya mengkonsumsi buah belimbing, lebih baik mengkonsumsi aneka ragam buah-buahan.


Kandungan Gizi Buah Belimbing



Vitamin C, seperti kandungan pada manfaat jeruk. Vitamin A buah belimbing menghasilkan antioksidan yang baik untuk tubuh. Pada belimbang terdapat Zat pembangun, seperti mineral, fiber (serat), folat, berikut ini beberapa diantaranya :

  • Kalori - Satu buah belimbing setara dengan sekitar 2% dari nilai harian, dengan asumsi diet harian 2.000 kalori dan 30 kalori karbohidrat.

  • Karbohidrat - Dalam satu belimbing terkandung 9,5 g karbohidrat, sudah termasuk 2,5 g serat makanan dan memberikan 3% dari nilai harian karbohidrat dan 10% untuk kebutuhan serat harian.

  • Protein dan Lemak - Protein dalam buah belimbing terkandung 1 g protein dan 2% dari kebutuhan harian. Belimbing juga mengandung 1 g lemak, yang menyediakan 2 persen dari nilai harian. Kadar lemak ini seluruhnya terdiri dari lemak tak jenuh, baik lemak jenuh, lemak trans atau kolesterol.

  • Vitamin dan Mineral - Satu buah belimbing setidaknya memiliki kandungan vitamin C 24 mg atau 40% dari nilai hariannya dan menyediakan 15% untuk kebutuhan harian vitamin A. Kandungan zat besi dalam buah belimbing sekitar 0.36 mg (2% dari nilai harian). Selain itu buah belimbing juga mengandung kalium atau natrium dan kalsium.


  • Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan




    Salah satu dari buah eksotis yang kaya manfaat ialah buah belimbing. Belimbing menyediakan 31 kalori dari buah belimbing 100 gram. Dan berikut ini manfaat dari buah belimbing!


    1. Pencegahan Kanker


    Buah belimbing memang kayak Vitamin C, Vitamin C sendiri dapat mencegah dari serangan kanker. Vitamin C juga memiliki antioksidan alami yang kuat. 34,7 mg atau 57% dari nilai harian yang dibutuhkan dan hanya perlu mengkonsumsi buah belimbing sekitar 100 g. Jika dilihat secara umum, buah yang kaya vitamin C memiliki manfaat dalam membantu tubuh untuk mengembangkan resistensi terhadap radikal bebas, agen infeksi dan anti inflamasi bagi tubuh.


    2. Menyehatkan Pencernaan


    Serat dan kulit pada buah belimbing dapat membantu mencegah kolesterol LDL pada makanan didalam usus dan juga dapat membantu untuk melindungi selaput lendir pada usus dari paparan zat yang beracun. Selain itu, dengan mengkonsumi buah belimbing dapat terhindar dari kanker usus besar.


    3. Kaya Antioksidan


    Buah belimbing juga kaya akan antioksidan seperti flavonoid polifenol yang dapat membantu melindungi efek kerusakan dari radikal bebas. Dalam buah belimbing terdapat beberapa jenis flavonoid yang penting, seperti quercetin, epicatechin, dan asam galat. Dalam buah belimbing 100 g dapat memberikan total mencapai 43 mg.


    4. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


    Dalam buah belimbing terkandung sejumlah mineral dan elektrolit seperti fosfor, kalium, besi dan seng. Kalium memang komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang dapat membantu untuk mengendalikan tekanan darah dan akan menekan pengaruh buruk dari sodium serta sangat bermanfaat dalam proses penyembuhan hipertensi dengan melakukan terapi belimbing, dengan mengkonsumsinya secara rutin.


    5. Meningkatkan Kerja Enzim


    Buah belimbing memilik Vitamin B Kompleks (riboflavin, folat dan piridoksin atau B-6) yang berkerja sama dan memberikan manfaat dapat membantu sebagai co-faktor enzim dalam metabolisme serta mendukung berbagai fungsi sintetis enzim dalam tubuh.


    6. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat


    Buah belimbing sangat baik bagi penderita kolesterol dan diabetes, Karena belimbing memiliki zat pektin yang dapat mengurangi kolesterol. Pektin mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Tentu saja hal ini sangat baik bagi penderita gejala penyakit diabetes.


    7. Mengatasi Gangguan Ginjal


    Buah belimbing dapat dikonsumsi oleh seseorang mengalami keluhan gangguan ginjal, karena memiliki konsentrasi yang sangat tinggi terhadap asam oksalat. Para ilmuwan menganggapnya sebagai senyawa anti nutrisi, seperti mengganggu penyerapan dan metabolisme beberapa mineral alami seperti magnesium, kalsium dan sebagainya.


    Selain Itu manfaat buah belimbing sebenarnya masih sangat banyak dan manfaat lain buah belimbing bagi kesehatan diantaranya :


  • Buah belimbing untuk mengatasi penyakit batuk pada anak-anak.


  • Dapat Mengatasi sariawan dan gusi berdarah.


  • Buah ini dapat Mengurangi rasa sakit gigi berlubang.


  • Mengatasi jerawat dan panu.


  • Melindungi tubuh dari penyakit kencing manis.


  • Membantu memberikan perlindungan kepada tubuh terhadap kelumpuhan.


  • Demikian info kesehatan tentang manfaat belimbing semoga bermanfaat untuk kalian semua dan konsumsilah buah-buahan yang beragam dari pada cuman berkonsentrasi mengkonsumsi pada satu buah.


    EmoticonEmoticon