Minggu, 28 Mei 2017

Manfaat Dari Melaksanakan Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat dari melaksanakan puasa bagi kesehatan tubuh - Arti puasa dalam bahasa (etimologi) adalah menahan sedangkan menurut istilah adalah menahan diri dari makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari dan meninggalkan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Puasa memiliki banyak manfaat salah satunya manfaat bagi kesehatan tubuh. Berpuasa dapat menghilangkan racun yang berada dalam tubuh kita, mengurangi kadar lemak, mengistirahatkan sistem pencernaan, dan berikut ini manfaat puasa bagi kesehatan tubuh !

Manfaat Melaksanakan Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Dari Melaksanakan Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Meningkatkan detoksifikasi

Banyak zat aditif kimia di dalam makanan yang akan menjadi racun dan kebanyakan zat racun tersebut tersimpan pada lemak. Saat kita berpuasa pembakaran lemak akan cepat dan dapat mengeluarkan racun-racun tersebut dari dalam tubuh.

Mengatasi masalah peradangan

Berpuasa dapat membantu dalam proses penyembuhan penyakit alergi dan peradangan, seperti penyakit kulit yaitu psoriasis dan penyakit peradangan seperti rematik. Berpuasa juga dapat meningkatkan proses penyembuhan penyakit radang pada usus, seperti kolitis ulserativa.

Mengurangi kadar Gula Darah

Saat berpuasa kita memerlukan energi, energi tesebut salah satunya berasal dari pemecahan glukosa yang meningkat, pemecahan glukosa dapat mengurangi produksi insulin yang pada pankreas, dan meningkatkan produksi glukagon yang berfungsi sebagai fasilitas dalam pemecahan glukosa.

Meningkatkan pembakaran lemak

Seperti penjelasan diatas tadi berpuasa dapat membantu proses pemecahan glukosa. Ketika glukosa habis, maka kita kita akan mendapatkan energi dari pemecahan lemak yang dilakukan oleh ketosis. Lemak yang tersimpan didalam otot dan ginjal akan dipecah juga untuk menghasilkan energi.

Membantu menjaga berat badan

Ketika berpuasa timbunan lemak dalam tubuh akan berkurang dan dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun puasa tidak boleh dijadikan strategi dalam menurunkan berat badan. Ketika berpuasa kita harus menjaga keseimbangan berat badan sebagai langkah awal untuk hidup sehat.

Meningkatkan kebiasaan diet yang sehat

Puasa dapat meningkatkan keinginan untuk memakan makanan yang alami, seperti air dan buah-buahan serta dapat mengurangi rasa keinginan kita untuk ngemil makanan hasil olahan, karena keinginan makan-makanan yang alami akan meningkat.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Selama waktu puasa kekebalan tubuh akan meningkat karena racun dan lemak didalam tubuh akan dikeluarkan lewat pembakaran lemak. Karena orang-orang akan memiliki rasa keinginan untuk memakan makanan yang alam dan segar seperti buah yang mengandung banyak kandungan air, maka hal ini dapat meningkatkan asupan mineral dan vitamin. Buah-buahan bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena didalam buat terkandung sumber zat antioksidan yang baik.

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak, diantara lain manfaat berpuasa dari yang diatas, sebagai berikut ini!

  • Mengurangi hipertensi.

  • Memulihkan metabolisme tubuh.

  • Menormalkan kadar hormon lapar.

  • Menurunkan resiko serangan jantung.

  • Mengurangi resiko terkena diabetes.

  • Menyehatkan ginjal.

  • Mengurangi resiko kanker.

  • Itulah tadi manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat untuk kalian semua dan bagi orang yang mempunyai masalah penyakit ginjal, hati, wanita hamil, ibu menyesui dan ulkus peptikum serta jantung silahkan berkonsultasi dahulu sebelum melaksanakan ibadah puasa dengan dokter atau ahli kesehatan.


    EmoticonEmoticon