Manfaat Dzikir Kepada Allah

Manfaat Dzikir

Manfaat Dzikir - Dzikir adalah suatu doa dan ibadah dalam agama Islam untuk mengingat Allah SWT. Berdzikir kepada Allah dapat memberikan ketenangan dunia akhirat dan dapat terhindar dari sifat sombong (takabur) serta dapat dilakukan dimanapun dan dikapanpun, kecuali di tempat yang tidak sesuai dengan kesucian Allah SWT, seperti di kamar mandi.



Doa zikir sendiri berbeda dengan doa-doa lainnya, ketika berdzikir kita harus menfokuskan doanya kepada Allah dengan ikhlas dan hanya mengharap ridha Allah. Tujuan berdzikir untuk mengingat asma Allah. Banyak sekali ayat-ayat di dalam Al-Quran yang menyuruh umatnya (umat Islam) untuk selalu mengingat Asma Allah termasuk ayat 9 surat Al Munafiqun.


Mengingat Allah dalam agama Islam sangatlah di anjurkan bagi umat muslim. Dzikir merupakan tindakan dalam bentuk nyata untuk mengingat Asma Allah. Jika kita umat muslim melakukan dzikir kepada Allah. Allah akan memberikan ridha akhirat dan duniawi. Jika muslim lalai akan berdzikir Allah tidak mengatakan hal tersebut dosa namun merekalah yang merugi.


Dzikir sendiri tidak terbatas dari bacaan doa berbahasa arabnya saja namun harus lebih masuk ke dalam lagi pada relung perasaan dzikir adalah di mana titik manusia yang membuang semua masalah yang ada dan berbagai masalah lainnya pikiran dan perasaan yang kosong inilah kemudian di isi dengan kebesaran Allah. Dengan demikian manusia dapat merasakan kehadirannya.


Kesimpulannya seperti tadi yang saya jelaskan diatas, dzikir harus dari dalam hati untuk Allah dan harus dilakukan secara ikhlas dan jujur serta hanya mengharap ridha dari Allah.


Dzikir sebenarnya memiliki manfaat secara langsung dan tidak langsung. Berikut ini adalah manfaat dari berzikir!


1. Dapat menenangkan hati dan pikiran



Berdzikir dapat menenangkan hati dan pikiran kita, karena hati dan pikiran kosong dapat memfokuskan diri kepada Allah dan dapat menenangkan kinerja otak walaupun sebentar, cukup untuk membuat otak dan perasaan menjadi tenang.


2. Kemenangan dan kekuatan



Dengan mengingat nama Allah dan meminta pertolongan kepada-Nya, secara tidak sadar kemampuan seseorang menjadi naik mungkin hal yang tidak mungkin terjadi namun seperti pepatah Islam berkata apa yang terjadi maka terjadilah hal tersebut secara logika tidak mungkin terjadi tapi bila Allah berkehendak maka terjadilah. Hal ini sering di lakukan oleh Ali Bin Abi Thalib merupakan sahabat dan anak angkat Rasulullah SAW. selalu berdzikir sebelum perang walaupun tentaranya sedikit dan tidak cukup kuat namun seperti Anda tahu umat Islam sendiri dahulunya sampai ke tanah Eropa.


3. Menjauhkan dari siksa api neraka



Dengan berdzikir membuat manusia selalu ingat akan Allah. Berdzikir dapat mengingatkan manusia akan larangan-larangan Allah yang harus dijauhi. Manusia harus lebih mengingat Allah SWT. Baik dalam kondisi susah maupun senang. Kebanyakan manusia terlena, saat susah selalu mengingat Allah dan saat senang mereka justru melupakan Allah. Hal inilah yang menjadi ujian tersendiri bagi tiap diri para muslim, agar dapat selalu ingat Asma Allah dan Laranganya agar tidak terjerumus ke jalan yang salah dan menjauhi laranganya agar terhidar dari siksa api neraka. Untu mengakui dosa dan meminta maaf kepada allah dengan berdzikir.


4. Memberikan Ketenangan Jiwa


Berdzikir kepada Allah dapat memberikan ketenangan jiwa. Kebanyakan manusia melupakan urusan akhirat dan hanya fokus di duniawi. Kebanyakan manusia selalu terburu-buru dan menggebu-gebu dalam hal duniawi. Dengan berdzikir akan membuat hal tersebut lama-lama akan hilang karena di Islam urusan duniawi bukanlah satu-satunya hal yang harus di prioritaskan untuk di kejar. Pikiran dan jiwa tentu akan menjadi tidak tenang dan akan membuatnya menjadi serakah.


Rasulallah SAW. sendiri juga mengajarkan umatnya untuk selalu berdzikir kepada Allah. Berdzikir sangatlah cocok saat magrib menjelang ke isya ataupun setelah isya. Kita sendiri harus menyeimbangkan antara urusan duniawi dan akhirat. Selain itu manfaat berdzikir sangatlah banyak dan berikut ini tambahannya :

  • 1. Mengusir Jin dan menjadikanya sangat kecewa.


  • 2. Menghilangkan rasa sedih, resah-gelisah dalam hati manusia.


  • 3. Membahagiakan dan melapangkan hati manusia.


  • 4. Menyinari wajah dan hati manusia.


  • 5. Menghiasi orang yang berdzikir dengan pakaian kewibawaan, di senangi dan di cintai sesama manusia.

  • Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Manfaat Dzikir Kepada Allah"

    Posting Komentar