Manfaat Pisang Bagi Kesehatan dan Pengobatan Penyakit

Manfaat pisang -
Pisang adalah salah satu buah yang paling populer di bumi, pisang berasal dari Asia Tenggara, pisang sekarang tumbuh di banyak bagian dunia yang memiliki cuaca panas. Selain rasanya yang enak dan lezat, pisang juga mengandung beberapa nutrisi penting dan memiliki manfaat pisang bagi kesehatan seperti pencernaan, kesehatan jantung dan penurunan berat badan.
Selain sangat bergizi, pisang juga merupakan buah-buahan yang banyak ditemui di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.


Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Pisang

Pisang mengandung banyak nutrisi penting, ada banyak jenis pisang yang tersedia, yang berbeda warna, ukuran dan bentuknya. Jenis yang paling umum adalah pisang kuning, yang hijau saat belum matang.
Pisang mengandung cukup banyak serat, serta beberapa antioksidan. Satu pisang yang berukuran sedang (118 gram) mengandung :


Kalium: 9% dari RDI.

Vitamin B6: 33% dari RDI.

Vitamin C: 11% dari RDI.

Magnesium: 8% dari RDI.

Tembaga: 10% dari RDI.

Mangan: 14% dari RDI.

Karbohidrat bersih: 24 gram.

Serat: 3,1 gram.

Protein: 1,3 gram.

Lemak: 0,4 gram.

Setiap pisang mengandung hanya sekitar 105 kalori, dan hampir terdiri dari air dan karbohidrat. Pisang mengandung protein sangat sedikit dan hampir tidak berlemak. Saat sudah matang, buah pisang terdapat gula (glukosa, fruktosa dan sukrosa).


1. Melancarkan peredaran darah


Pisang mengandung potasium dan kalium. Potasium sangat baik untuk peredaran darah dan untuk mengatur tekanan darah membutuhkan kalium. Hal ini dapat menekan resiko terkena stroke yang dapat menimbulkan penyakit jantung.


2. Membantu pencernaan pada usus


Untuk mengurangi resiko sembelit adalah serat. Serat terkandung didalam buah pisang. Kita tidak perlu menggunakan obat pencahar, karena dengan hanya menkonsumsi buah pisang dapat mengatasi sembelit.
Segelas susu dicampur dengan buah pisang dapat mengurangi resiko terkena penyakit usus yang berbahaya, seperti kanker usus besar. Vitamin C dapat mempercepat iflamasi, dengan mengkonsumsi pisang dapat menahan proses inflamasi.


3. Menjaga Kesehatan Mata


Vitamin A dapat menjaga kesehatan mata dan dapat mengurangi resiko kebutaan. Pisang memiliki sejumlah vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata.


4. Menormalkan Fungsi Jantung


Nutirisi yang tekandung dalam buah pisang dapat mendukung fungsi jantung, dan hanya perlu mengkonsumsi pisang saat sarapan setiap hari. Mineral dalam pisang cukup banyak, mineral tersebut disebut elektrolit kalium. Jika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.


Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat mematikan.


Manfaat Pisang Untuk Pengobatan


Pisang kaya akan kandungan nutrisi, nutrisi dapat memberikan berbagai manfaat seperti media pengobatan.


5. Anemia – Hanya mengkonsumsi 2 buah pisang setiap hari dapat mengatasi anemia karena kaya akan kandungan FE (zat besi).


6. Asma – Dalam Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Imperial College London menyimpulkan bahwa anak-anak yang mengkonsumi satu buah pisang setiap hari dapat memperkecil peluang terkena asma sampai 34%.


7. Liver – Stimulan pada buah pisang yang dicampur dengan madu, dapat memberikan nafsu makan bagi penderita liver.


8. Diabetes – Penelitian telah menunjukkan bahwa diabetes tipe 1, yang menkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan meningkatkan lipid dan insulin. Satu pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 3 gram serat.


9. Diare – selama masa diare, elektrolit seperti kalium akan hilang dengan jumlah yang besar dan akan merasa lemah. Jenis makanan seperti saus apel dan pisang, direkomendasikan untuk perawatan diare.


Manfaat Pisang Mampu Menyehatkan Otak


Pisang merupakan sarapan pagi diberbagai negara yang maju, setiap mereka sarapan, umunya potongan pisang dicampurkan pada sereal, karena sereal dan pisang bisa memberikan kalori yang cukup untuk mengawali aktivitas. Sarapan dengan pisang dapat meningkatkan konsentrasi belajar. Stimulun baik untuk otak, pisang mengandung kalium yang dapat memberikan stimulun pada otak. Awal makanan padat untuk bayi lebih baik dimulai dengan pisang karena tekstur pisang lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.


Manfaat Pisang Baik Bagi Ibu Hamil


Seorang ibu hamil dan janinnya memerlukan konsumsi yang baik seperti kacang-kacangan dan pisang. Seperti asam folat berguna untuk mencegah cacat bawaan pada anak yang dikandungnya. Didalam pisang terdapat 85-100 kalori, tentunya pisang menjadi penting karena kaya akan asam folat yang penting untuk pembentukan sel-sel baru. Selain itu pisang dapat mengurangi morning sickness pada ibu hamil dan menjaga kadar gula darah tetap stabil pada ibu hamil.


Itulah manfaat pisang yang memiliki banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan, pengobatan, membantu perkembangan otak dan baik untuk janin serta ibu hamil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Pisang Bagi Kesehatan dan Pengobatan Penyakit"

Posting Komentar