Manfaat Tahu Bagi Kesehatan

Manfaat Tahu baik bagi kesehatan tubuh - Makanan hasil olahan dari kedelai menghasilkan tahu, yag memiiliki warnta putih dan teksturnya lembut. Tahu sendiri merupakan makanan yang dimakan diberbagai kalangan masyarakat mulai dari kalangan bawah sampai atas. Direstoran juga menggunakan tahu sebagai pelengkap dan dasar dari bahan masakan.

Tahu sendiri memiliki nilai gizi yang tinggi, mulai dari mineral sampai dengan vitamin. Untuk penjelasan lengkapnya silahkan kalian simak manfaat tahu sebagai berikut ini!

Manfaat Tahu

manfaat tahu
Manfaat Tahu Bagi Kesehatan

1. Bahan Dasar atau Pelengkap Masakan

Di Indonesia tahu sudah tidak asing lagi, banyak sekali makanan hasil olahan tahu seperti di warung-warung, restoran, rumah makan dan masyarakat. Bahkan ada kreativitas dalam mengolah tahu seperti tahu bulan yang sedang naik daun dan game tahu bulat sempat masuk game trending di google playstore.

2. Nilai Gizi Tinggi

Yap, makanan rendah lemak ini memiliki protein yang tinggi. Tahu juga memiliki banyak kandungan mineral yang baik untuk tubuh seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, kaliun. Selain itu, tahu juga kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin D, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat.

3. Mengurangi Kolesterol

Karena tahu dapat menyerap minyak goreng dan cairan yang terakumulasi yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Sehingga tahu dapat mengurangi kolesterol yang ada didalam tubuh. Tahu juga memiliki asam lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan daging.

4. Anti Kanker

Selenium berguna untuk menjamin fungsi ideal dari sistem antioksidan dan melindungi dari kanker usus besar. Selenium sendiri dapat ditemukan pada tahu, selain itu tahu dapat mencegah kanker payudara karena kandungan isoflavon-nya. Selain itu mafaat isoflavon dapat menurunkan kanker prostat.

5. Alternative Menu Diet

Tahu memiliki hidrat arang dan kalori yang rendah, sehingga dapat untuk dijadikan menu diet, karena selain rendah hidrat arang dan kalori mengkonsumsi tahu apat mengenyangkan dan dapat memberi rasa kenyang yang lama.

6. Melawan Radikal Bebas

Tahu dapat menangkal radikal bebas, karena tahu memiliki kandungan Selium dan Isoflavon yang dapat berkerja sama dengan Iodine serta membuat kerja sama ketiganya menjadi maksimal.

7. Baik untuk Wanita Menopause

Saat pra menopause keseimbangan esterogen menjadi tidak seimbang. Dengan mengkonsumsi tahu, rasa sakit saat menopouse dapat diringankan, karena tahu memiliki kandungan isoflavon.

8. Bagus Untuk Kulit

Tahu bergunan untuk meregenerasi kulit. Karena tahu memiliki kandungan protein yang tinggi yang mampu meregenerasi kulit. Selain itu karena kandungan nutrisi pada tahu dapat mengurangi garis halus kulit dan sebagai anti anging untuk kulit. Tahu juga dapat mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori dikulit dan dapat membantu pengelupasan sel kulit yang sudah mati, hal ini dikarenakan tahu mengandung zat saponin. Tahu juga mengandung vitamin E dan isoflavon yang baik untuk melembabkan kulit dan menjaga elastitas pada kulit. Bahkan sudah banyak orang saat ini yang menggunakan tahu untuk masker wajah agar memdapatkan manfaat yang maksimal.

9. Menjaga Kesehatan Darah

Zat besi merupakan bagian utama dari hemoglobin yang membantu pelepasan oksigen dari dalam tubuh dan membantu proses produksi energi. Selain itu zat besi yang terkandung didalam tahu juga berguna untuk menjaga fungsi darah.

10. Bermanfaat bagi Kardiovaskular

Tahu dapat menurunkan kadar lemak jenuh dan kadar kolesterol yang berada didalam tubuh. Dengan hanya mengonsumsinya tahu ata produk kedelai secara teratur produk. Dengan ini resiko penyakit kardiovaskular bisa diminimalisir.

Dalam memakan tahu kita harus mengimbangi dengan makanan yang dapat meminimalisir bahaya dari tahu dan untuk penderita alergi kedelai tidak dianjurkan memakan-makanan yang merupakan hasil olahan dari kedelai seperti manfaat tahu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Tahu Bagi Kesehatan"

Posting Komentar