9 Tips Menghemat Baterai Smartphone

Tips Menghemat Baterai Smartphone

Tips menghemat baterai smartphone - Siapa sih yang tidak sibal jika baterai smartphone mu cepat habis? Pasti semua orang sebal, kali ini saya memberikan 9 tips untuk menghemat baterai smartphone kamu.

Walaupun smartphone sekarang ini menggunakan kapasitas baterai yang besar, namun jika kalian terlalu sering men-charge baterai smartphone kalian dapat merusak baterai itu sendiri. Kali ini Hizam akan membagikan tips tersebut, agar baterai kalian lebih tahan lama dan berikut ini adalah tips menghemat baterai smartphone tanpa aplikasi.

Tips Menghemat Baterai Smartphone

1. Matikan Mode Getar (Vibrations)

Kita tau bahwa mode getar sangatlah bermanfaat dalam memberikan notifikasi atau panggilan masuk. Namun, mode getar ini lebih memakan banyak daya baterai. Mode ringtone justru lebih sedikit menghabiskan baterai daripada menggunakan mode getar.

Untuk itu silahkan kalian matikan mode getar, agar daya baterai kalian tidak terbuang banyak dan dapat menghemat daya baterai smartphone kalian.

2. Kurangi Brightness

Layar pada smartphone yang terang akan memakan banyak daya baterai selain GPS. Untuk mengurangi brightness (kecerahan cahaya) dapat kalian sesuaikan di pengaturan smartphone kalian masing-masing.

3. Persingkat Waktu Stand-By(Time-Out) Layar HP

Seperti penjelasan diatas, bahwa layar hp menggunakan daya baterai yang boros. Hal ini dapat diatasi dengan cara diatas dan persingkat waktu Stand-By pada smartphone-mu. Silahkan ubah Time-Out Stand-By ponselmu dari 2 menit menjadi 15 detik.

4.Charge Baterai Kamu Secara Efisien

Tipe baterai ponsel ada dua, yaitu baterai nickel dan baterai lithium. Baterai yang terbuat dari lithium lebih cepat habis daripada nickel. Sedangkan baterai dari bahan nickel akan lebih awet. Jika baterai yang bertipe nickel, kamu harus men-charge baterai smartphone kamu sampai dengan 100% (maksium). Sedangkan yang bertipe lithium kamu harus sesering mungkin men-charge baterai smartphone kamu.

5. Matikan Konektivitas Saat Tidak Digunakan

Konektivitas ini yang harus kamu matikan saat tidak kamu gunakan ialah WiFi, Bluetooth, dan Paket Data. Jika kamu tidak sedang menggunakan smartphone-mu, alangkah baiknya untuk mematikan semua konektivitas karena dengan menghidupkan konektivitas saat kamu tidak menggunakan smartphone-mu akan membuang daya baterai secara percuma. Saran terbaiknya adalah hidupkan salah satu saja jika kamu perlukan.

6. Tutup Aplikasi Jika Sudah Tidak Digunakan

Untuk pengguna smartphone android silahkan kalian tap tombol multitasking kemudian wipe aplikasi yang tidak kamu gunakan. Banyak pengguna smartphone tidak memedulikan hal ini, mereka justru membiarkannya walaupun tidak mereka gunakan.

7. Matikan GPS (Location Services)

GPS atau layanan lokasi adalah fitur untuk menentukan lokasi dan mencari loksi. Tapi apakah kalian tau bahwa GPS adalah fitur yang paling boros menggunakan baterai. Saran terbaiknya adalah mengaktifkan GPS saat mencari lokasi melalui Maps.

8. Pasang Sedikit Widget Home Screen

Saat kamu memasang banyak widget, otomatis daya sedot baterai akan semakin besar. Lebih baik kamu membuat tampilan home screen menjadi sesimpel mungkin dan tidak menggunakan live wallpaper (Wallpaper bergerak).

9. Jaga Smartphone Agar Tetap Dingin

Smartphone akan menggunakan lebih banyak daya baterai sebagai energi saat smartphone-mu dalam keadaan panas, seperti terkena sinar matahari. Saran terbaiknya adalah jauhkan ponsel kamu dari sinar matahari langsung dan dapat kalian simpan di tempat yag sejuk saat tidak kalian gunakan serta dapat menggunakan aplikasi Clean Master untuk mengurangi panas pada smartphone-mu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Tips Menghemat Baterai Smartphone"

Posting Komentar