Apa Pengertian WiFi dan Apa Kegunaan Wi-Fi

Apa Pengertian dan Kegunaan Wi-Fi

Pengertian Wi-Fi dan kegunaan WiFi - Siapa sih yang tidak mengerti Wi-Fi? Mungkin ada banyak orang yang belum mengerti tentang apa itu Wi-Fi dan bahkan adapula yang menggunakan Wi-Fi namun tidak mengerti penjelasan dari Wi-Fi. Kali ini saya akan mengenalkan kepada kalian mengenai Wi-Fi.

Jika kalian sekolah dan duduk dibangku SMP atau MTs kelas 9 kalian akan disuguhkan materi tentang jaringan, WiFi merupakan salah satunya. Jadi kalian harus mengerti mulai dari apa pengertian dari wifi yang dimulai dengan apa kepanjangan wifi. Tapi tenang saja saya akan membahas ini pada ulasan saya ini, Ok kita mulai dari pengertian wifi.

Apa Pengertian Wi-Fi

Wi-Fi adalah kependekan dari Wireless Fidelity. Wi-Fi ini dapat disebut dengan WiFi maupun Wi-Fi. Pengertian WiFi adalah jaringan lokal nirkabel (Wireless Local Area Networks atau WLAN) yang merupakan komplotan standar yang didasari sepsifikasi IEEE 802.11. Untuk standar terbarunya 802.11a dan 802.11b adalah 802.11g yang saat ini masih dalam tahap penyusunan, sepsifikasi 802.11g ini mengalami banyak peningkatan. Yang ditingkatkan meliputi luas cakupan hingga kecepatan transfernya.

Umumnya orang menggunakan Wi-Fi untuk menghubungkan dan untuk mengakses internet. Namun, Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN).

Namun, kegunaan Wi-FI sangatlah banyak tapi kebanyakan orang tidak mengetauhi. Kebanyakan mereka mulai dari anak muda sampai dewasa hanya menggunakan wifi untuk mengakses internet saja. Dan berikut ini adalah 9 Kegunaan WiFi :

Kegunaan Wi-Fi (WiFi)

1. Mengakses Internet

Kegunaan Wi-Fi yang pertama ini memanfaatkan Hostpot dan yang paling banyak digunakan sekarang ini, apalagi anak muda zaman sekarang ini. Contohnya di Cafe dan Warung Kopi.

2. Sinkronisasi Telepon Tanpa USB

Wi-Fi dapat diandalkan dalam hal sikronisasi HP kita dengan komputer atau laptop. Tapi ponsel yang dapat melakukan hal ini adalah Android dan iPhone. Namun, kebanyakan masih harus menggunakan suatu aplikasi untuk mensikronisasi.

3. Mengubah Smartphone Menjadi Remote

Apple TV dan iTunes memang harus dikendalikan dengan aplikasi remote yang dapat dikendalikan menggunakan iPhone, iPad, atau iPod Tuch dengan menggunakan jaringan Wi-Fi. Untuk android dapat digunakan sebagai remote control komputer dengan Gmote Android.

4. Mengirim File Yang Akan di Print Melalui Printer

Ini sangat berguna sekali dikalangan pelajar atau pun perkantoran untuk ngeprint dari lapotp ke printer. Namun, tidak semua printer merk mendukung hal ini.

5. Mentransfer Foto dan Video dari Kamera Digital

Kartu Eye-Fi adalah kartu memori tanpa nirkabel. Dengan ini kita dapat dengan mudah men-transfer video atau foto dengan syarat harus dalam cangkupan Wi-Fi untuk mentranfer ke komputer atau laptop anda.

6. Streaming Film Melalui TV

Wi-Fi dapat melakukan streaming film yang akan diteruskan di TV. Hal ini memungkinkan kita dapat melakukan streaming video melalui dengan media server Xbox, HTPC, Playstation yang diaktifkan TV rumah anda. Dengan suatu aplikasi, operasi, dan protokol. Ini berguna untuk mendapatkan film dari perangkat lain dan kemungkinan Wi-Fi akan menjadi hiburan di masa depan.

7. Menghubungkan Audio Ke Speaker

Dengan Apple AirPort Express Router memungkinkan penggemar Apple untuk memainkan musik mereka dengan melakukan streaming musik ke speaker dan ini dapat dijadikan pilihan terbaik untuk memainkan musik penggemar Apple.

8. Untuk Router Nirkabel

iPhone atau Android dapat dijadikan router ke komputer dengan aplikasi PdaNet dan dengan jaringan WiFi. Namun hal ini tidak direkomendasikan untuk digunakan.

9. Share File Dengan Komputer

Syarat menggunakan ini adalah para sharing dan penerima harus mempunya account penyimpanan file online, misalnya dengan Dropbox dan harus terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Ini dapat dijadikan alternative dan lebih aman daripada share folder.

Demikian ulasan saya mengenai Pengertian Wi-Fi dan Kegunaan WiFi. Kurang lebihnya saya mohon maaf, jika ada yang kurang silahkan kalian tambahkan dikolom komentar agar saya dapat menambahkannya pada ulasan ini dan semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Pengertian WiFi dan Apa Kegunaan Wi-Fi"

Posting Komentar