Senin, 03 Juli 2017

Dampak Buruk Main Game Bagi Kesehatan

Dampak buruk main game bagi kesehatan - Kebanyakan anak mudah zaman sekarang ini sangat suka bermain game online maupun offline. Bahkan ada yang sampai kecanduan bermain game, tapi apakah mereka sadar main game terlalu lama dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan? Tentu saja kebanyakan mereka tidak tahu dan bahkan mereka lupa. Hal ini dikarenakan bila sudah bermain game dapat menyebabkan kencanduan.

Saking asyiknya, kita bermain game dapat menyebabkan kita lupa untuk melakukan aktifitas lain dan bahkan kita tak sadar saat bermain game hingga berjam-jam dalam keadaan duduk memegang mouse atau konsol komputer.

Sebenarnya bermain game itu boleh-boleh saja. Asalkan kita tidak lupa waktu, jika kita sudah lupa waktu dapat membuat kondisi kesehatan menjadi menurun, mulai dari mata dan sampai waktu untuk kita istirahat.

Kebanyakan mereka bermain game dengan niatan untuk menghilangkan rasa stres, tapi justru membuat kita kecanduan dan menyebabkan bahayanya bagi kesehatan dikarenakan main game secara berlebihan. Terus apa bahaya main game bagi kesehatan? Berikut ini bahaya bermain game buat kesehatan!



Dampak Buruk Main Game Bagi Kesehatan



Dampak Buruk Main Game



1. Kelelahan mata

Tempat untuk dijadikan lahan bermain memang sudah sedikit, contohnya di kota-kota besar. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mereka suka bermain, untuk menghilangkan rasa jenuh dan rasa stres untuk kalangan orang dewasa. Kebanyakan anak-anak kecil sudah membawa ponsel, game konsol, tablet dan laptop yang membuat mata mereka selalu melihat layar monitor. Saat inilah mata akan lelah, karena mereka memaksakan matanya untuk pasi melihat layar monitor. Hal ini dapat menyebabkan mata mereka menjadi lelah.

2. Wasir atau ambeien

Saat bermain game, posisi kita adalah duduk namun ada yang dalam posisi tidur. Keseringan duduk dalam waktu lama akan menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar, serta mendesak pembuluh darah vena yang ada di daerah anus. Hal ini akan meyebabkan pembuluh darah menjadi menonjol dan akan menyebabkan timbulnya rasa sakit serta panas.

3. Berkurangnya metabolisme tubuh

Saat bermain game, aktifitas fisik pada otot terlalu minim. Sehingga akan menurunkan metabolisme tubuh. Dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan massa otot menjadi menurun, obesitas dan menurunkan sistem imunitas serta sakit pinggang. Jika sistem imunitas menurun akan menyebabkan tubuh mudah terkena penyakit.

4. Makan dan istirahat menjadi tidak teratur

Kebanyakan Gamer mengalami hal ini. Mereka bermain game secara berlebihan menyebabkan pola makan dan istirahat terganggu yang akan membuat pola makan dan istirahat mereka akan mengikuti jadwal bermain game. Hal ini dapat menyebabkan kondisi tubuh rentan terkena penyakit.

5. Terkena sindrom Carpal Tunnel?

Sindrom Carpal Tunnel merupakan cedera pada otot tangan yang ditandai dengan munculnya rasa kesemutan, mati rasa, kelemahan dan kerusakan otot pada pergelangan tangan. Penyebabnya adalah tekanan dan ketegangan saraf di pergelangan tangan yang berfungsi untuk merasakan dan menggerakkan tangan dan jari.

Tapi benarkah bermain video game dapat mengakibatkan seseorang terkena cedera otot pergelangan tangan? Hal ini masih menjadi perdebatan beberapa ahli yang masih melakukan penelitian.

Jadi apakah kalian masih akan bermain game dalam waktu yang lama?


EmoticonEmoticon