Minggu, 08 Oktober 2017

10 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Air Putih. Air merupakan komponen utama dari tubuh manusia. Di dalam tubuh terdapat substansi cairan antara 55 hingga 78 persen, tergantung pada ukuran tubuh. Memenuhi kebutuhan air setiap hari dan tidak pernah melewatkan kebiasaan tersebut dapat memperlihatkan banyak manfaat bagi kesehatan. 

Anda tidak perlu takut akan air putih karena di dalamnya tidak mengandung kalori, lemak, karbohidrat dan gula yang menjadi sumber penyakit yang mengancam nyawa. Para andal menyarankan setiap orang untuk minum minimal delapan hingga sepuluh gelas tiap hari semoga kondisi fisik tetap stabil.

Bahkan, Institute of Medicine menetapkan kebutuhan cairan setiap insan per harinya ialah tiga liter atau 13 gelas untuk pria dan 2,2 liter atau sembilan gelas untuk wanita, bisa lebih diubahsuaikan dengan usia dan ukuran tubuh. 

Manfaat Air Putih

manfaat air putih
(c) ccwater
Air putih akan membantu tubuh terhindar dari dehidrasi karena setiap sel dalam tubuh menerima pasokan air yang baik sehingga berfungsi dengan optimal.

Berikut 10 manfaat sehat dari kebiasaan minum air putih setiap hari ibarat dilansir Top 10 Home Remedies.

Apabila Anda sering merasa lesu atau lelah berlebihan, kemungkinan besar itu sebuah sinyal bahwa tubuh kekurangan cairan. Bahkan, kelelahan merupakan indikasi utama yang terjadi pada seseorang yang mengalami dehidrasi.

Saat tubuh kekurangan cairan, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah yang mengandung oksigen ke seluruh jaringan tubuh melewati anutan darah karena terjadinya penurunan volume darah. Selain itu beberapa organ utama lain yang semestinya bekerja optimal menjadi kuerang efisien akhir dehidrasi tubuh.

Maka dari itu kalau tubuh merasa lelah hal utama yang bisa Anda lakukan ialah minum air putih minimal tiga gelas, setelah itu biarkan tubuh istirahat sejenak sembari menunggu reaksi nyata yang dihasilkan dari air minum tadi.

2. Meningkatkan Mood
Hilangnya mood tidak melulu dikaitkan dengan alasannya tertimpa masalah. Para peneliti mengungkapkan bahwa kondisi tubuh yang kekurangan asupan cairan terlalu sering dapat mensugesti suasana hati dan kemampuan berpikir.

Sebuah riset kecil yang dilakukan pada 25 wanita dan akhirnya ditulis di dalam Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa dehidrasi dapat mensugesti suasana hati dan fungsi cognitive. Kemudian hadir kembali mood nyata setelah tubuh mereka menerima cairan dengan jumlah yang cukup.

3. Meredakan Sakit Kepala
Sakit kepala termasuk migren disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya dehidrasi. Dalam studi yang dipublikasikan dalam Europea Journal of Neurology menjelaskan bahwa banyak minum air sangat membantu mengurangi rasa sakit pada kepala.

4. Baik Untuk Pencernaan
Peran air dalam jalan masuk cerna ialah membantu proses pencernaan makanan menjadi lebih baik. Kurangnya air dapat menyebabkan sembelit dan menghambat laju cerna makanan yang masuk ke dalam usus, kalau terus menerus dibiarkan jalan masuk cerna akan mengalami kerusakan.

Minum banyak air putih dapat meningkatkan metaboisme tubuh dan membantu kelancaran proses pengolahan makanan karena gerakan usus menjadi teratur. Para andal merekomendasikan kita untuk minum air putih hangat ketika mengalami sembelit karena baik untuk melancarkan pencernaan makanan.

5. Meningkatkan Nafsu Makan dan Menurunkan Berat Badan
Hilangnya nafsu makan dapat membahayakan tubuh karena tidak mendapat asupan nutrisi dari makanan yang seharusnya dikonsumsi. Jika Anda mengalami dilema tersebut sebelum memulai makan minumlah air putih minimal satu gelas.

Para peneliti mengungkap keistimewaan air putih untuk meningkatkan nafsu makan, khususnya kalau diminum sebelum makan. Selain itu cukup konsumsi air putih juga dapat membantu menurunkan berat tubuh karena kecenderungan untuk makan banyak menjadi lebih kecil.

6. Mengeluarkan Racun Tubuh
Di dalam tubuh terdapat racun yang datang melalui makanan atau minuman yang Anda konsumsi (tanpa sadar akan hal tersebut).

Air merupakan pilihan terbaik untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan membuang zat berbahaya lain melalui keringat dan urin dengan proses buang air kecil.

7. Mencegah Batu Ginjal
Air dapat mengencerkan garam dan mineral dalam urin yang memicu terbentuknya kerikil ginjal. Tetapi terlalu banyak minum air juga mensugesti kemampuan ginjal untuk menyaring kotoran, meskipun belum banyak kasus yang ditegakkan akhir hal tersebut.

8. Mengontrol Suhu Tubuh
Jumlah air yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat mengantur suhu tubuh karena air bersifat termal yang berkemampuan untuk melepaskan panas tubuh ketika mengeluarkan keringat.

Suhu tubuh yang terkontrol juga menjadikan Anda merasa lebih bersemangat ketika berolahraga. Minum air sehabis olahraga akan memperkecil risiko terjadinya nyeri sendi dan otot, serta mencegah kram dan keseleo.

9. Mengurangi Efek Negatif Dari Alkohol
Alkohol dapat membuat Anda lebih sering untuk mengeluarkan air kecil. Jika Anda sering nongkrong di kafe sudah pasti sering menelan alkohol yang sebetulnya tidak bermanfaat sama sekali.

Para andal merekomendasikan setiap orang yang telah banyak minum alkohol untuk memperbanyak minum air putih sebelum tidur semoga dampak negatif dari alkohol menjadi lebih sedikit.

10. Mengatasi Napas Bau
Napas tidak sedap atau aroma verbal yang amis menyengat merupakan salah satu faktor menjauhnya seseorang dari Anda. Jika sudah begitu Anda akan tersingkirkan dari pergaulan. Jika tidak ingin berlama-lama terpuruk dalam kesedihan, lebih baik Anda mencari solusi dari dilema yang sedang Anda hadapi. 

Bau verbal disebabkan oleh kurangnya minum air sehingga verbal jadi lembab dan tidak dapat menyapu partikel makanan serta mempercepat pertumbuhan basil penyebab amis mulut.

Dengan minum air minimal delapan gelas setiap hari aroma kurang sedap yang keluar dari verbal Anda lama kelamaan akan hilang karena basil atau kuman penyebabnya telah mati.

Tentu sekarang Anda sudah tahu bahwa upaya untuk memastikan tubuh tetap sehat bisa dilakukan dengan cara yang mudah, salah satunya minum banyak air putih sesuai banyaknya acara yang Anda lakukan.


EmoticonEmoticon