Sabtu, 07 Oktober 2017

24 Manfaat Susu Almond Untuk Diet dan Ibu Hamil

Manfaat Susu Almond. Susu almond telah lama masuk ke sentra perbelanjaan melengkapi susu sapi dan kedelai. Kelebihan susu almond terletak pada kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang mengalahkan susu sapi dan kedelai. Tidak heran bila banyak yang mengatakan bahwa manfaat susu almond bila dikonsumsi secara teratur dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. 

Meski kaya gizi, susu almond tidak bisa menggantikan air susu ibu sebab tingkat proteinnya lebih rendah. Adapun susu formula yang lebih cocok untuk balita ialah susu sapi yang mengandung protein lebih tinggi dan lebih aman dikonsumsi oleh balita.

Apa itu Susu Almond?
Susu almond ialah susu yang memiliki tekstur kental dan warna cenderung pucat yang terbuat dari kacang almond. Susu almond merupakan alternatif nabati untuk susu sapi. Proses pengolahan kacang almond sampai menjadi susu tidaklah sulit. 

Kacang almond yang garang hanya perlu disangrai, diblender bersama air, kemudian disaring untuk memisahkan sari dan ampasnya. Sari yang keluar itulah yang nanti akan dimasak sampai matang biar menjadi susu almond menyehatkan siap minum.

Tidak ada yang tahu pasti siapa pembuat resep susu almond, sebab menurut catatan sejarah susu almond sudah ada semenjak abad-14. Hingga kini, susu almond masih dianggap sebagai primadona sebab gizinya yang memperlihatkan banyak manfaat kesehatan.

Manfaat Susu Almond

Manfaat Susu Almond Untuk Diet dan Ibu Hamil
(c) www.insonnetskitchen.com
  1. Susu almond cocok bagi Anda yang mengalami intoleransi atau alergi susu sapi sebab almond rendah protein. Begitupun sebaliknya, kalau Anda justru alergi terhadap kacang almond, maka susu ini tidak cocok dijadikan alternatif.
  2. Konsumsilah susu almond tawar, sebab rendah kalori dan gula yang tidak memicu diabetes. Anda juga harus berhati-hati pada sebagian merek yang menambahkan gula dan cita rasa, sebab akan mengubah tingkatan kalori dan gula yang berdampak buruk bagi kesehatan.
  3. Ternyata, sekitar 20% populasi insan di dunia intolerir terhadap produk susu krim. Jika Anda termasuk, cobalah susu almond yang merupakan alternatif ideal susu kambing ataupun sapi.
  4. Penelitian menemukan kandungan lemak berjenis tak jenuh tunggal yang baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki gangguan jantung, serta cocok bagi Anda yang ingin terbebas dari penyakit jantung.
  5. Tingkat kalori yang rendah pada susu almond tawar dapat membantu aktivitas diet yang sedang Anda jalani.
  6. Lemak sehat pada susu almond dapat meningkatkan kemampuan kognitif Anda.
  7. Secangkir susu almond dapat mencukupi sekitar 30% kebutuhan kalsium harian orang dewasa. Dengan tulang yang sehat dan kuat, maka terjadi penurunan risiko osteoporosis, arthritis, dan sekaligus berdampak pada peningkatan sistem imun.
  8. Kacang almond menyimpan karbohidrat dan protein dalam jumlah tinggi yang merupakan sumber energi bagi tubuh.
  9. Protein pada almond juga diharapkan para atlet ataupun bukan untuk membentuk sel-sel dan jaringan otot selepas latihan.
  10. Dapat mencegah hipertensi dengan mengontrol tekanan darah. Manfaat almond yang satu ini ternyata diperoleh dengan melepaskan potassium yang bekerja mengendalikan tekanan darah.
  11. Lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) pada susu almond dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat.
  12. Mencegah kerusakan sel tanggapan radikal bebas dari dalam dengan pemberian vitamin E pada almond yang ternyata menjadi sumber antioksidan.
  13. Ditemukan salah satu mineral pada almond, yakni mangan yang berperan penting dalam mengontrol kinerja kelenjar tiroid dalam menjaga proses metabolisme sehingga menurunkan risiko terjadinya gangguan.
  14. Selain menurunkan berat badan, manfaat susu almond yang berafiliasi dengan diet ialah membantu mengendalikan berat tubuh dengan cara mempekerjakan tembaga, mangan, dan ribovlafin untuk mengelola glukosa dari karbohidrat untuk memperoleh energi, sehingga kenaikan berat tubuh ataupun obesitas dapat terhindari.
  15. Serat pangan pada kacang almond dapat melancarkan pencernaan sehingga membantu menjaga kesehatan fungsi susukan cerna.
  16. Susu almond memang tidak bisa menggantikan air susu ibu. Tetapi, kandungan asam folatnya bisa digunakan untuk menutrisi ibu hamil biar membantu pertumbuhan janin dengan normal.
  17. Bayi yang lahir normal sebab selama di dalam rahim sang ibu mencukupi kebutuhan nutrisi dengan pemberian susu almond memberi manfaat lain, yaitu merangsang pertumbuhan sel sehat dan pembentukan jaringan yang dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat.
  18. Almond dianggap sebagai materi makanan penting untuk mendorong kecerdasan anak. Dengan rutin mengonsumsi susu almond, maka perkembangan otak anak akan terbantu secara signifikan.
  19. Para peneliti juga melaksanakan penelitian dengan menambahkan almond pada menu makan yang pada risikonya menunjukkan adanya peningkatan fungsi dari sistem saraf.
  20. Banyak ibu yang mengupas kulit almond sebab dianggap tidak menjadikan reaksi alergi. Anda bisa juga membuat susu dari kacang almond tanpa kulit, kalau tidak ada reaksi alergi berarti Anda dapat meneruskan kebiasaan sehat tersebut.
  21. Vitamin E yang merupakan antioksidan terdapat pada kanker. Disamping kontribusinya dalam menangkal dan menghilangkan radikal bebas pemicu penyakit kronis, ternyata ada reaksi berkelanjutan dari kinerja antioksidan ini, yaitu menurunkan risiko kanker.
  22. Anda bisa juga menggunakan susu almond untuk meningkatkan kecerahan kulit, caranya dengan mencampurkan susu almond pada sabun yang digunakan ketika mandi.
  23. Susu almond ternyata dapat digunakan untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh matahari.
  24. Susu ini cocok bagi para vegetarian sebab merupakan produk nabati.

Tips Aman Konsumsi Susu Almond :

Anda pasti ingin memperoleh semua manfaat susu almond untuk diet dan ibu hamil di atas secara keseluruhan bukan?

Oleh sebab itu, Anda harus tahu bahwa membeli susu almond kemasan botolan bukan pilihan terbaik. Sebab, ketika ini sudah banyak merek yang berinovasi dengan menyampaikan aneka rasa biar lebih nikmat di lidah. Tetapi Anda sudah melihat tadi, susu almond yang tawar jauh lebih menyehatkan.

Dianjurkan bagi Anda untuk membuat susu almond sendiri dengan memilih sendiri kacang almond kualitas terbaik. Tingkat kesterilan susu yang akan Anda buat pasti terjamin ketimbang membeli yang sudah jadi dalam kemasan plastik atau botolan.

Cara Membuat Susu Almond :

Bahan yang diperlukan:
  • 250 gram kacang almond mentah
  • Air jernih untuk merendam kacang
  • 1 liter air matang
  • Madu sebagai perhiasan (optional)
Alat yang dibutuhkan:
  • Wadah untuk merendam kacang
  • Blender
  • Kain untuk menyaring ampas dan memisahkan sari
  • Wadah penyimpanan susu almond matang
Proses pembuatan susu almond:
  1. Tuang air jernih ke dalam wadah perendam, kemudian masukkan semua kacang almond. Biarkan kacang terendam semalaman.
  2. Buang air rendaman kacang.
  3. Masukkan almond ke dalam blender, selanjutnya tuang air sebanyak 1 liter. Blender sampai halus.
  4. Saring airnya dengan kain yang sudah disiapkan, tampung sari kacang almond ke dalam wadah penyimpanan.
  5. Tambahkan madu, aduk sampai tercampur.
Penting untuk diketahui:
  • Simpan eksklusif susu almond ke dalam kulas dengan kondisi tertutup rapat biar tetap segar.
  • Susu almond hanya dapat bertahan sekitar 4 hari di dalam kulkas.
  • Air bekas rendaman almond dapat digunakan untuk menyiram tanaman.
  • Ampas almond bisa digunakan sebagai materi pembuat kue.


EmoticonEmoticon