Minggu, 08 Oktober 2017

4 Penyebab Uban dan 3 Cara Menghilangkan Uban

Cara Menghilangkan Uban. Uban merupakan rambut abu-abu yang lama kelamaan menjadi putih jawaban berkurangnya produksi pigmen rambut. Rambut putih ini akan muncul kala seseorang menginjak usia 40 tahun keatas, tetapi tidak jarang pula para dewasa yang rambutnya beruban. Hal yang wajar kalau masih muda ingin menghilangkan uban, tetapi bagi yang sudah tua, lebih baik jangan karena ini bukanlah sebuah dilema serius.

Mengingat bahwa perkembangan zaman semakin ‘wow’, segala sesuatunya bisa didapatkan dengan mudah menimbulkan seseorang malas untuk memperhatikan teladan hidup yang baik untuk kesehatan tubuh. Ketika rambut sudah beruban barulah muncul kesadaran dalam diri yang pada alhasil gres memulai perubahan positif.

Penyebab Uban

Remaja yang rambutnya telah tumbuh uban tentu karena beraneka ragam faktor pemicu, berikut ini penyebab uban muncul terlalu cepat (pada usia muda):
  1. Stres
    Hal ini wajib Anda hindari kalau tidak ingin terus-terusan ditumbuhi uban, pasalnya setiap acara yang dikerjakan dengan tidak nyaman dan pikiran stres bisa membuat otak dan mental jadi tertekan. Dalam kondisi tersebut rambut juga kesulitan dalam memproduksi melain yang menjadi pigmen alami pewarna rambut Anda.

    Apabila stres sudah bisa Anda buat berkurang, sel melanosit yang memproduksi melanin ini akan mencukupi kebutuhan semestinya untuk mewarnai rambut. Untuk mengatasi stres Anda bisa mengatur jadwal kerja dan istirahat Anda sehingga rutinitas harian Anda telah terstruktur rapi.
  2. Faktor Genetik
    Orang bau tanah Anda sudah ubanan ketika usia muda? Mungkin hal tersebut menular dalam arti menurun atau berisiko membuat Anda juga rentan terhadap tumbuhnya uban ketika muda.

    Jika sudah begini tidak banyak yang bisa Anda lakukan, yang terpenting lakukan segala hal yang baik untuk rambut Anda, siapa tahu nanti produksi melanin yang memproduksi pigmen pewarna rambut Anda jadi normal kembali.
  3. Difisiensi Vitamin
    Kekurangan vitamin rambut juga memicu tumbuhnya uban dengan cepat. Oleh alasannya yaitu itu penuhi kebutuhan vitamin harian Anda, terutama vitamin B12 yang dapat membantu rambut terjaga kesehatannya dari sejumlah masalah.
  4. Merokok
    Fenomena yang sangat biasa terjadi di Indonesia, para dewasa usia 10 tahun saja sekarang ini sudah banyak yang merokok. Kaprikornus tidak heran kalau masih muda sudah ubanan, alasannya yaitu merokok dapat meningkatkan risiko tumbuh uban empat kali lebih besar dibanding mereka yang tidak merokok.

Cara Menghilangkan Uban

Cara Menghilangkan Uban

Apabila gangguan ini terus mengusik Anda, alangkah baiknya mempercepat tindakan untuk menangani dilema tersebut. Cobalah beberapa cara menghilangkan uban berikut ini, jangan lupa juga untuk rajin konsultasi pada dokter.

1. Lemon dan minyak kelapa

Kedua materi alami ini dapat berduet untuk meningkatkan produksi melanin yang dapat menghitamkan rambut serta mencegah laju tumbuh uban.

Caranya dengan:
  • Mencampur air lemon dan minyak kelapa pada sebuah wadah kecil (banyak harus sesuai dengan panjang rambut).
  • Aduk kedua materi hingga rata.
  • Usapkan pada kulit rambut dan helaian rambut sembari dipijat lembut.
  • Terus diamkan meresap pada akar rambut selama 15 - 30 menit-an, barulah bilas rambut dengan air bersih.
Kalau Anda kurang suka cara ini, coba cara berikut.

2. Biji pepaya

Jika Anda beruban, setelah membuka buah pepaya bijinya jangan disisihkan. Gunakan biji pepaya tersebut untuk menghilangkan sekaligus menghambat tumbuh uban.

Caranya simak:
  1. Ambil butiran biji dari satu buah pepaya
  2. Cuci, rendam dan bersihkan dulu dengan air.
  3. Sangrai semua biji pepaya menggunakan penggorengan
  4. Tumbuk biji pepaya yang telah disangrai hingga halus
  5. Tuangkan minyak kelapa secukupnya pada biji pepya halus
  6. Aduk sebentar, usap pada rambut secara merata.
  7. Balut rambut menggunakan handuk atau shower cap
  8. Biarkan mengering sekitar 2 jam, kemudian dibilas
Mau coba yang lain juga?, silahkan.

3. Daun rambutan

Daun rambutan dipercayai masyarakat sebagai materi alami penghitam rambut, memang secara medis terbukti benar bisa menghitamkan rambut sekaligus menghambat laju tumbuh uban alasannya yaitu mengandung Saponin, Tannin dan Polifenol yang bisa mengoptimalkan produksi pigmen rambut.

Cara pembuatan ramuan:
  • Petik beberapa lembar daun rambut, basuh dan bersihkan.
  • Tumbuk hingga bersih dan halus.
  • Tuangkan sedikit air pada ramuan, aduk.
  • Peras air yang gres saja dituang pada daun rambutan halus menggunakan lap bersih.
  • Air perasan yang keluar digunakan untuk mengoles rambut secara merata.
  • Abaikan 30 menit, bilas bersih.
Perawatan ini bisa patut dilaksanakan 2 - 3 kali dalam seminggu biar hasil cepat dirasakan. Jika timbul efek sehabis pemakaian, segera hentikan dan berkunjunglah pada dokter.

Hal yang wajib dihindari

Agar rambut yang beruban tadi tetap sehat, sebaiknya Anda hindari hal-hal berikut:
  • Pemakaian shampo, minyak rambut (gel, wax, dsb) dan produk lain untuk rambut yang berlebihan.
  • Shampo yang tidak biasa Anda gunakan.
  • Makanan cepat saji menyerupai sosis, dsb.
  • Kopi dan minuman beralkohol.
  • Rokok.
  • Stres yang berkepanjangan.
  • Rebonding/smoothing.
  • Mencabuti uban.

Yang harus diterapkan

Sementara hal yang wajib diterapkan juga ada, diantara sbb:
  1. Cukup tidur dan istirahat dikala kerja berat.
  2. Minum air putih yang cukup (2 liter sehari atau minimal 5 gelas).
  3. Olahraga yang rutin, kalau Anda pria boleh rutin fitnes.
  4. Tiap ahad segarkan otak dengan jalan-jalan bersama keluarga atau teman.
  5. Rawat rambut secara teratur.
Penjelasan tersebut semoga membantu permasalahan Anda dalam memberantas rambut yang beruban, pada cara menghilangkan uban Anda juga bisa menerapkan cara instan menyerupai menggunakan produk obat herbal, masker rambut dan semir rambut.


EmoticonEmoticon