Sabtu, 07 Oktober 2017

6 Gejala Penyakit Stroke yang Wajib Anda Waspadai

Gejala Penyakit Stroke. Penyakit stroke yaitu suatu kondisi yang mana terjadi dikala pasokan darah ke suatu episode otak tiba-tiba terganggu. Di dalam jaringan otak, apabila terjadi kurangnya fatwa darah maka akan menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang mana ini dapat merusak dan mematikan sel - sel saraf di otak. 

Kematian jaringan otak dapat menimbulkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan tersebut. Maka dari itu penyakit stroke ini termasuk penyakit nomor 3 yang menyebabkan maut setelah yang pertama penyakit HIV/AIDS, kedua serangan jantung dan yang ketiga yaitu penyakit stroke ini.

Gejala Penyakit Stroke

Gejala Penyakit Stroke
Waspada! Penyakit stroke mengintai Anda, ketahui gejalanya sekarang juga
Gejala stroke yang paling umum diketahui yaitu lumpuh mendadak, wajah tampak turun di salah satu sisi, kesulitan berbicara, kebutaan, mati rasa, pAndangan kabur, tampak gerakan yang tidak aktual dan kesulitan untuk seimbang hingga hilang kesedaran diri.

Untuk lebih lengkapnya wacana gejala stroke yaitu sebagai berikut:

1. Wajah perot
Kelumpuhan saraf wajah ini merupakan salah satu gejala stroke yang paling sering dilaporkan. Yang mana kelumpuhan saraf wajah ini diakibatkan adanya gangguan pada saraf kranial nomor 7. Coba Anda minta seseorang yang dicurigai stroke untuk tersenyum, apabila wajahnya asimetri (tidak simetris) mendadak berarti orang tersebut mengalami gejala stroke.

2. Anggota gerak lemah
Kelumpuhan pada anggota gerak secara mendadak juga merupakan gejala dari penyakit stroke. Coba Anda minta seseorang yang dicurigai stroke tersebut untuk mengangkat kedua lengannya bersamaan. Apabila ada ketinggalan gerak secara mendadak berarti seseorang tersebut mengalami gejala stroke.

3. Sensibilitas atau rasa raba yang terganggu separuh
Gangguan rasa dalam bentuk baal atau kesemutan deparuh tubuh atau salah satu anggota tubuh yang terjadi secara mendadak harus dicurigai sebagai gejala stroke. Jika terjadi gangguan rasa yang menyerupai hilangnya atau kurangnya sensasi atau rasa kesemutan atau sensasi kesetrum di separuh anggota badan.

4. Pelo atau bicara tidak jelas
Bicara pelo atau bicara tidak terang ini merupakan salah satu gejala utama penyakit stroke. Coba Anda minta orang yang dicurigai stroke tersebut untuk melafalkan kata – kata dengan abjad r. Misalnya; lari – lari di rel kereta api. Bila ada pelo mendadak harus dicurigai sebagai stroke.

5. Afasia atau sukar berkomunikasi
Kehilangan kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan non lisan yang terjadi secara mendadak itu pun termasuk gejala stroke. Apabila seseorang tersebut tiba – tiba saja tidak bisa bicara atau tidak mengerti dengan isi pembicaraan, maka orang tersebut harus dicurigai sebagai gejala penyakit stroke.

6. Disorientasi atau galau mendadak
Jika seseorang mengalami galau mendadak bahkan hingga mengalami penurunan kesadaran maka harus dicurigai sebagai gejala stroke. Apabila seseorang tersebut kehilangan kemampuannya dalam mengenali orang, mengingat waktu dan kawasan yang terjadi secara mendadak, maka hal ini harus dicurigai sebagai gejala penyakit stroke.

***

Apabila terjadi dari salah satu gejala stroke (ringan atau berat) di atas supaya segera ke memeriksa ke RS

Penanganan stroke yaitu berpacu dengan waktu. Apabila ada terjadi gejala stroke segeralah mencari pertolongan dengan cepat yang tepat. Dengan penanganan yang cepat dan sempurna akan memperlihatkan hasil yang baik pula.

Diagnosis patologi (stroke sumbatan atau stroke perdarahan) ditentukan dengan pemeriksaan minimal CT Scan kepala. Penanganan yang baik di awak diperlukan membuahkan hasil yang baik pula.

***
Curiga terhadap gejala penyakit stroke yang muncul pada diri sendiri maupun orang lain yaitu langkah pertama yang paling baik. Alasannya tak lain supaya kita lebih waspada dan bisa mengantisipasi segala kemungkinan terburuk yang bisa terjadi dengan cara melaporkannya sedini mungkin ke dokter.


EmoticonEmoticon