Minggu, 08 Oktober 2017

7 Fungsi Seni Rupa

Seni rupa yakni seni yang berwujud menyerupai keramik, gambar, lukisan, patung, hasil cetak, desain, fotografi, video, film, dan arsitektur. Banyak cabang seni yang melibatkan aspek seni rupa menyerupai seni pertunjukan dan seni konseptual. Seni rupa dibagi dua, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa memadukan unsur titik, garis, bentuk, warna, pencahayaan, tekstur, dan volume dengan mengacu kepada estetika. Berikut yakni fungsi seni rupa. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Seni Rupa (Artikel Lengkap)

Fungsi seni rupaSeni Rupa Nusantara (Artikel Lengkap)

  • Menyampaikan nilai-nilai budaya. Budaya sering menjadi materi pandangan gres dalam membuat karya seni rupa. Hal tersebut mencerminkan kecintaannya terhadap budaya asal penciptanya.
  • Sebagai alat bantu kehidupan sehari-hari. Seni rupa kerap digunakan pula sebagai alat bantu kehidupan sehari-hari. Ini termasuk ke dalam seni rupa terapan.
    Baca juga: Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan (Artikel Lengkap)
  • Sebagai sarana keagamaan. Karya seni rupa digunakan sebagai salah satu sarana upacara keagamaan. Peralatan upacara dihias sesuai dengan budaya setempat atau sesuai perintah agamanya.
  • Sebagai media untuk mengenang seseorang atau suatu peristiwa. Setelah terjadi suatu kejadian bersejarah di suatu tempat, masyarakat disana pasti akan membuat tugu peringatan peristiwa tersebut. Tugu tersebut biasanya memiliki corak artistik yang dapat dikategorikan sebagai seni rupa. Juga jikalau ada orang yang dikenang atau berjasa bagi masyarakat disana, biasanya akan dibuatkan patung orang tersebut.

  • EmoticonEmoticon