Sabtu, 07 Oktober 2017

Akhirnya! Kutemukan Laptop Desain dan Spesifikasi Premium Harga Dibawah 10 Juta

Sebagai seorang blogger dan mahasiswa, saya lebih membutuhkan laptop ketimbang komputer. Kenapa? Karena selain di rumah tidak ada koneksi internet sehingga terpaksa mengerjakan tugas-tugas di hotspot, saya juga lebih suka mengerjakannya di daerah yang berbeda-beda demi menerima inspirasi. Selain untuk menulis, saya biasa menggunakan laptop untuk mengedit foto dan bermain games. Maka dari itu, saya sangat membutuhkan laptop dengan mobilitas dan kecepatan yang tinggi. Itu berarti harus tipis, ringan, dan cepat. Namun, laptop yang menyerupai itu biasanya berjenis ultrabook yang harganya belasan sampai puluhan juta rupiah. Sedangkan saya hanya bisa membeli laptop dibawah 10 jutaan. Saya mencari-cari di internet, tetapi tidak ada yang sesuai dengan impian saya.

Nah, baru-baru ini, Asus meluncurkan laptop gres yakni Asus VivoBook S S510. Awalnya saya hanya fokus pada laptop Asus yang murah dan ZenBook Asus yang premium. Tapi setelah saya baca spesifikasi, melihat desain, dan harganya, saya pribadi terpikat. Semacam cinta pada pandangan pertama. Berikut yaitu ulasannya:

Asus VivoBook S15 S510

1. Desain

Sebagai sebuah laptop yang sering saya bawa kemana-mana, tentunya laptop tersebut harus tipis dan ringan. Dengan bobot hanya seberat 1,5 kg, laptop ini mudah saya jinjing dan ringan ketika saya masukkan ke dalam tas. Ketebalan laptop ini juga hanya 1,79 cm yang membuatnya tampak elegan dan modern.

Desain Asus Vivobook S15 S510UQ

Dimensinya sama menyerupai laptop lain yang berukuran 14 inci, namun layarnya berukuran besar yakni 15,6 inci. Itu dikarenakan Asus VivoBook S15 S510UQ memiliki bingkai yang sangat tipis yakni 0,78 cm. Hal itu memungkinkan alasannya yaitu teknologi “NanoEdge” display yang digunakan. Screen-to-body ratio sebesar 80% sehingga memiliki dimensi yang ringkas namun ukuran layar tetap besar.

Teman-teman saya pasti akan menduga saya menggunakan laptop premium berharga belasan juta rupiah. Karena desain laptop ini memang benar-benar terkesan premium, mewah, dan sangat elegan. Laptop ini dijual dalam dua varian warna yaitu Icicle Gold dan Star Grey. Saya menyukai warna star grey alasannya yaitu warnanya lebih maskulin.

2. Performa

Selain desain yang amat premium dan elegan, Asus VivoBook S15 S510UQ juga memiliki performa yang sangat baik dikelasnya. Dimulai dari Dual Storage. Ini yang cukup mencengangkan saya. Mengingat saya pertama kali mendengar ada laptop harga dibawah 10 juta yang memadukan HDD dan SSD. Laptop ini menggunakan HDD sebesar 1 TB dan SSD sebesar 128 GB. Di HDD sebesar itu, saya bisa menyimpan semua hasil fotografi saya atau dokumen saya tanpa takut kehabisan memori. Sedangkan memori SSD bisa saya gunakan untuk memasang aplikasi untuk mempercepat loading dan booting.

Dalam mencari laptop, salah satu syarat mutlak yaitu RAM nya harus minimal 4 GB demi kelancaran disaat saya sangat sibuk sehingga harus membuka banyak aplikasi. Asus VivoBook S15 S510UQ memiliki RAM 4GB DDR4 sehingga itu sudah cukup bagi saya. Untuk prosesor, laptop ini menggunakan Intel® Core™ i5 7200U yang merupakan generasi terbaru prosesor Intel yakni generasi ke-7. Sehingga, tidak perlu diragukan lagi performanya dan tentunya lebih hemat energi. Apalagi disertakan kartu grafis VGA Nvidia GT940MX sebesar 2GB, sehingga memperlancar saya dalam bermain game maupun membuka software editing foto.

Untuk baterai, Asus VivoBook S15 S510UQ memiliki teknologi SuperBattery dan ASUS Battery Health Charging App yang dapat memperpanjang masa usia baterai dan mencegah baterai kembung akhir kebiasaan tidak mencabut charger ketika baterai penuh. Bahkan baterai laptop ini tiga kali lebih kekal dibandingkan laptop pada umumnya yakni sampai 900 kali siklus pengisian ulang.

3. Port

Pada kebanyakan laptop tipis dan premium, banyak port yang harus dikorbankan. Itu sangat disayangkan alasannya yaitu sangat tidak praktis. Apalagi belum banyak tersedia flashdisk atau kabel data USB 3.1. Pengguna juga harus membeli adapter khusus yang tentu saja merepotkan.

Pada Asus VivoBook S15 S510UQ ini, desain yang tipis tidak serta merta mengorbankan port yang ada. Laptop ini memiliki 1 x USB 3.1 Type C, 1 x port HDMI, 1 x USB 3.0, 1 x audio jack, 1 x card reader, dan 2 x USB 2.0. Saya sangat ingin mulai menyesuaikan diri menggunakan USB 3.1 Type C, pada laptop ini sudah tersedia port-nya.

Berikut port-port yang tersedia di sisi kiri notebook:

Port sisi kiri Asus VivoBook S15 S510UQ

Sedangkan ini di sebelah kanannya:

Port sisi kanan Asus VivoBook S15 S510UQ

4. Keyboard dan Trackpad

Asus yaitu merek laptop pilihan utama saya. Saya menggunakan laptop Asus semenjak SMA. Selain alasannya yaitu awet, laptop Asus juga memiliki keyboard dan trackpad yang sangat nyaman digunakan. Jarak antar tombolnya sangat lega, sehingga sangat nyaman bagi saya yang bisa mengetik 10 jari dengan sangat cepat.

Keyboard Asus VivoBook S15 S510UQ

Trackpad Asus yaitu salah satu hal yang membuat saya setia pada brand ini. Trackpadnya memiliki fitur multi gesture yang multi fungsi. Saya sangat sering menggunakannya dan sangat mempermudah pekerjaan saya. Hal itu membuat saya tidak perlu menggunakan mouse tambahan. Berikut yaitu teladan penggunaannya:

Multi gesture Asus VivoBook S15 S510UQYang lebih menariknya lagi, pada pojok kanan atas trackpad Asus VivoBook S15 S510UQ memiliki fingerprint scanner. Fitur ini juga ada pada ponsel ZenFone 3 saya yaitu untuk membuka kunci ponsel hanya dengan sidik jari. Diharapkan dengan pemindai sidik jari ini, saya bisa membuka kunci laptop lebih cepat.

5. Harga

Untuk laptop dengan desain dan spesifikasi yang demikian istimewanya, harganya hanya Rp 9.799.000. Itupun sudah termasuk garansi global 2 tahun senilai Rp 900.000.  Sangat sulit menemukan laptop menyerupai ini dengan harga dibawah 10 juta. Mungkin ini laptop terbaik dikelasnya dan akan menjadi laptop saya berikutnya.

6. Spesifikasi

Berikut yaitu spesifikasi lengkap Asus VivoBook S15 S510UQ.

Main Spec.

ASUS VivoBook S S510

CPU

Intel® Core™ i5 7200U Processor (3M Cache, up to 3.1GHz)

Operating System

Endless OS

Memory

4GB DDR4 RAM

Storage

128GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD

Display

15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) with slim bezel

Graphics

Discrete graphics Nvidia GT940MX 2GB VRAM

Input/Output

1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port(s)

Camera

VGA Web Camera

Connectivity

Integrated 802.11ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1

Audio

Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone

ASUS SonicMaster Premium Technology

Battery

3 Cells 42 Whrs Battery

Dimension

(WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm

Weight

1,7Kg with Battery

Colors

Icicle Gold

Price

Rp9.799.000

Warranty

2 tahun garansi global senilai Rp900.000


EmoticonEmoticon