Minggu, 08 Oktober 2017

Ketahui 27 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Selain kafein, terdapat senyawa ibarat antioksidan yang menjadikan manfaat kopi bagi kesehatan begitu banyak. Salah satunya yaitu memperlambat kematian.

Kopi yaitu minuman yang terbuat dari ekstraksi biji kopi yang kemudian dikeringkan dan dihaluskan dengan cara digiing biar menjadi debu kopi siap seduh. Penduduk Arab mempunyai kebiasaan minum kopi atau ngopi di pagi dan malam hari. Kebiasaan ini mulai ditiru oleh banyak penduduk di negara lain, termasuk Indonesia.

Di dalam kopi terdapat kafein yang diketahui memberi efek bahagia sehingga dapat menghindari stres berkepanjangan. Sebetulnya, masih terdapat ratusan senyawa lain yang pada tiap-tiapnya menghadirkan segudang manfaat kopi yang sangat penting bagi kesehatan.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat kopi bagi kesehatan
(c) Fanpop
Di bawah ini akan dituliskan daftar manfaat minum kopi secara rutin. Setiap khasiat yang diberikan tak lepas dari zat kafein, antioksidan, dan deretan senyawa lain yang bekerja di dalam tubuh.

1. Membentengi tubuh dari oksidasi
Senyawa antioksidan diketahui bisa melindungi tubuh dari proses oksidasi, yang melibatkan radikal bebas untuk merusak molekul di dalam tubuh.
Oksidasi menjadi jalan lurus yang menghantarkan Anda pada fase penuaan dan penyakit umum ibarat kanker dan penyakit jantung. Tanpa sadar, radikal bebas akan membuat kulit Anda terlihat puluhan tahun lebih bau tanah dari usia sebenarnya.

2. Memperpanjang usia
Manfaat kopi yang satu ini begitu kontroversial dan banyak mengundang perhatian peneliti. 

Beberapa studi berskala besar menunjukkan bahwa orang yang minum kopi setidaknya satu gelas tiap hari dapat hidup lebih lama daripada sebagian mereka yang tidak, bahkan sama sekali tidak pernah konsumsi kopi.

Beberapa penelitian juga memaparkan bahwa selain menurunkan risiko kematian cepat, kandungan kopi yang sarat bertindak mencegah aneka macam penyakit serius yang memicu kematian.
Sebuah studi inovatif yang mana hasinya dilampirkan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 2012, menyatakan bahwa dalam penelitian tersebut yang melibatkan 402.260 orang dengan usia antara 50 hingga 71 tahun memiliki risiko untuk meninggal lebih kecil alasannya dalam 12-13 tahun sering minum kopi secara signifikan.

3. Memberi efek bahagia
Hidup tak lepas dari masalah. Besar kecilnya sebuah problem dapat diukur dan dilihat dari orang yang mengalaminya, antara lain stres dan depresi. Dalam kondisi ini, pikiran dan hati tidak akan sinkron sehingga tidak bisa mengontrol diri.
Pada keadaan yang demikian, Anda bisa keluar dari jebakan depresi dengan cara minum segelas kopi sambil mendengarkan musik klasik. Penelitian di Harvard menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko depresi hingga 20% dan risiko bunuh diri hingga 53% alasannya kopi membuat peminumnya merasa lebih bahagia.

4. Membangun energi dan kecerdasan
Kopi dapat membuat Anda terhindar dari rasa lelah sekaligus meningkatkan energi. Hal ini alasannya kopi mengandung kafein, yakni stimulan yang sebetulnya yaitu zat psikoaktif yang sering digunakan penduduk dunia. 

Kafein yang Anda dapat dari menenggak secangkir kopi akan diserap ajaran darah dan berjalan menuju otak. Ketika sampai, kafein akan memblokir inhibitory neurotransmitter yang disebut Adenosin. Sampai proses ini, jumlah neurotransmitter lain ibarat norepinefrin dan hormon dopamin ditingkatkan yang keduanya membantu mengeluarkan neuron.

Efek yang dirasakan oleh insan dari banyak percobaan terkait kinerjanya dalam otak yaitu meningkatkan kewaspadaan, energi, suasana hati, memori, fungsi kognitif umum, dan membuat diri lebih cepat tanggap bila menangkap suatu kejadian.

Pada manfaat kopi nomor empat ini, awalnya berasal dari otak yang memblok Adenosin, sehingga menjadikan efek stimulan yang dapat meningkatkan energi, suasana hati, dan aneka macam aspek fungsi otak.
5. Sumber antioksidan terbesar
Kopi memberi tubuh antioksidan dalam jumlah banyak. Anda bisa mencukupi kebutuhan antioksidan biar imun tubuh lebih berpengaruh dari penyakit dengan cara memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran segar, terutama yang kaya antioksidan.
6. Menunjang pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme
Kelebihan berat tubuh bukan problem gampang yang bisa Anda remehkan. Setiap tahun prevalensi penderita obesitas terus meningkat, kondisi ini memungkinkan penyakit serius datang menghampiri.

Banyak embel-embel diet yang dijual secara komersil dengan memperlihatkan sederet khasiat untuk mengurangi berat tubuh dengan cepat tanpa harus olahraga dan melaksanakan diet. 

Tahukah Anda, jika kafein merupakan salah satu kandungan utama yang tersodor pada aneka macam produk embel-embel pembakar lemak?

Kafein memang semenjak lama dimasukkan ke dalam embel-embel yang menunjang proses diet seseorang. Bukan tanpa alasan, para peneliti sudah mengambarkan sendiri manfaat kafein dalam membantu proses penurunan berat badan.

Kebanyakan embel-embel mempunyai sifat termogenik yang merangsang proses termogenesis biar bisa mengubah energi menjadi panas tubuh. Panas tubuh ini diperlukan untuk membantu meningkatkan proses pembakaran kalori sekaligus meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

7. Menjauhi jantung dari penyakit stroke
Sebagian orang percaya bahwa kopi dapat meningkatkan tekanan darah yang berpeluang menyebabkan stroke.

Asumsi tersebut benar, namun efeknya hanya 3-4 mm/Hg, angka yang sedikit dan bisa dihilangkan apabila Anda minum kopi secara teratur serta tidak melebihi batas normal.

Meski demikian, efek tersebut tetap membuntuti penderita hipertensi. Makara perlu diingatkan bahwa efek ini bertahan pada beberapa orang, terutama yang memiliki problem dengan tekanan darah.
Para peneliti melaksanakan pembuktian dengan tujuan membantah mitos yang beredar tersebut terkait peningkatan risiko penyakit jantung alasannya kopi. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa peminum kopi ternyata memiliki risiko 20% lebih rendah terkena stroke atau gangguan jantung lain.

Jadi, meskipun kopi memungkinan terjadinya kenaikan tekanan darah, efeknya akan berkurang seiring waktu. Penikmat kopi tidak perlu khawatir akan peningkatan risiko penyakit jantung, alasannya sebetulnya kopi ini tidak memengaruhi organ jantung apabila teratur pengonsumsiannya.

8. Peningkatan kinerja fisik secara spontan
Kafein dapat merangsang sistem saraf yang dapat mengirim sinyal untuk memecah lemak tubuh. Kafein juga merangsang peningkatan adrenalin (epinefrin) dalam darah yang membuat tubuh siap untuk melaksanakan kerja fisik secara spontan.

Bila Anda hobi angkat beban dengan tujuan membentuk otot, alangkah baiknya minum secangkir kopi sekitar setengah jam sebelum Anda membiarkan tenaga habis untuk mengangkat besi. Dengan rutin menjalankannya, tubuh akan menerima adrenalin atau pasokan tenaga lebih cepat berkat kafein yang dilepaskan oleh kopi.
9. Pecinta kopi memiliki risiko lebih rendah terhadap kanker
Manfaat kopi yang paling menakjubkan yaitu menurunkan risiko terhadap beberapa jenis kanker, ibarat kanker hati dan kanker kolorektal. 

Dalam sebuah studi yang melibatkan penikmat kopi menunjukkan bahwa mereka berisiko 40% lebih rendah terkena kanker hati. Dalam studi lain yang juga melibatkan peminum kopi menemukan adanya penurunan risiko terhadap kanker kolorektal hingga 15% pada beberapa orang yang minum 4-5 cangkir kopi per hari.

Apabila Anda tidak ingin berderai air mata alasannya terpajan kanker, mulai sekarang cobalah lebih intens untuk minum kopi. Sepulang kerja pasti tubuh lelah dan ingin sekali bersantai. Teman kalem yang paling asyik yaitu kopi. Anda bisa baca majalah sambil ngopi untuk menikmati sepi sunyi malam hari.
10. Membantu mencegah Alzheimer
Pada orang dewasa, minum kopi setiap hari dapat menunda atau menghindarkan seseorang dari penyakit Alzheimer. Manfaat kopi ini sudah dibuktikan melalui studi besar yang dipimpin oleh Dr. Chuanhai Cao dari Universitas South Floida, bahwa terjadi penurunan risiko terhadap Alzheimer secara signifikan pada kelompok paruh baya yang minum tiga cangkir kopi perhari.

11. Melancarkan proses pengerjaan suatu hal
Kopi dapat tingkatkan kinerja otak dan fokus. Seperti pada Journal Human Psychopharmacology yang diterbitkan pada tahun 2010, dinyatakan bahwa minum kopi dengan gula dapat meningkatkan kinerja otak dan memperpanjang daya konsentrasi serta fokus seseorang. 

12. Memiliki risiko lebih rendah terhadap kanker kulit
Dalam studi yang diadakan Harvard Medical School, menunjukkan bahwa kemungkinan besar penyakit kanker kulit tidak akan mengganggu penikmat kopi alasannya ratusan senyawa di dalamnya akan mencegah sel basal karsinoma mengalami pertumbuhan.
13. Membantu mencegah penyakit Parkinson
Belum terang bagaimana cara kerja kopi dalam mengurangi risiko terhadap penyakit Parkinson. Namun Republika mencatat, kafein yang terdapat dalam kopi dan teh bisa menekan atau mencegah penyakit parkinson.

14. Menurunkan risiko diabetes pada wanita
Penemuan studi pada tahun 2011 yang dilakukan UCLA mengungkap wanita yang paling sedikit meneguk tiga cangkir kopi per hari mengalami penurunan risiko terhadap penyakit diabetes tipe-2, hingga 56 persen.

Baca: Apa saja gejala dari diabetes mellitus?


Khasiat Minum Kopi

Khasiat minum kopi bagi kesehatan
(c) The Church of the Fridge
  • Kopi menjadi pendera tumor proximal yang identik dengan kanker kolon.
  • Seorang peneliti dari jepang melihat peningkatan memori pada seseorang yang minum kopi.
  • Dapat membersihkan hati dan usus dari limbah atau racun berbahaya dengan pemberian kafein.
  • Manfaat kopi untuk merangsang pertumbuhan rambut pria dan wanita yang mengalami kebotakan.
  • Kafein akan menjaga mata waspada ketika mengemudi.
  • Kopi bermanfaat untuk mengurangi nyeri atletik pasca berolah tubuh hingga 48%.
  • Manfaat kopi untuk mengurangi kelopak mata kejang atau kedutan.
  • Kafein bisa menjaga mata dari katarak.
  • Pada pria, kopi bisa meningkatkan volume air mani dan sperma secara signifika daipada mereka yang jarang memasukkan kafein ke dalam tubuh.
  • Manfaat kopi pada pria lainnya yakni menurunkan risiko terkena DE (disfungsi ereksi).
  • Dalam sebuah studi yang melibatkan 217.883 orang, sebagian yang tergolong ke dalam pecinta kopi terhindar dari penyakit kerikil ginjal.
  • Kopi berguna sebagai peluruh kencing dengan mengencerkan urin.

Selain rasanya yang nikmat di lidah, tubuh Anda juga mencicipi manfaat kopi yang luar biasa banyaknya. Tak ada yang menyangka bekerjsama kopi merupakan minuman paling menyehatkan yang sulit ditandingi.
Sumber rujukan artikel :
  • Republika Online
  • Authority Nutrition
  • Caffeine Informer
  • Sunday News


EmoticonEmoticon