Minggu, 08 Oktober 2017

Pengertian Standar Deviasi

Dalam statistika, standar deviasi yaitu ukuran yang digunakan untuk mengukur jumlah variasi atau sebaran sejumlah nilai data.

Semakin rendah standar deviasi, maka semakin mendekati rata-rata, sedangkan jikalau nilai standar deviasi semakin tinggi maka semakin lebar rentang variasi datanya. Sehingga standar deviasi merupakan besar perbedaan dari nilai sampel terhadap rata-rata.


Standar deviasi juga disebut simpangan baku dan disimbolkan dengan alfabet Yunani sigma σ atau karakter Latin s. Dalam bahasa Inggris, standar deviasi disebut standard deviation.

Standar deviasi juga menyatakan keragaman sampel dan dapat digunakan untuk menerima data dari suatu populasi. Misalnya saat kita ingin mengetahui nilai yang didapat siswa di suatu kabupaten dengan populasi siswa 50.000 orang, maka diambil sampel 5.000 orang. Dari hasil riset sampel didapat data dengan standar deviasi tertentu. Semakin besar standar deviasi, maka keragaman sampel semakin besar.



Anda mampu request artikel ihwal apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau pribadi saja lewat kolom komentar :)


EmoticonEmoticon